Slider[Style1]

Cibinong (15/2) - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Tb Sunmandjaja mendorong aparat Kejaksaan Negeri Cibinong menguatkan perannya sebagai penegak hukum di wilayah Kabupaten Bogor. Langkah itu dipandang penting mengingat semakin beragam dan tingginya tingkat kriminalitas di kabupaten yang berpenduduk 5,3 juta jiwa tersebut. Dorongan tersebut disampaikan Sunmandjaja saat menyambangi jajaran Kejaksaan Negeri Cibinong yang dipimpin oleh Eko Bambang Budi, SH, Jumat (30/1) di Kantor Kejari Cibinong, Bogor.

Menurut Aleg Dapil Kabupaten Bogor tersebut, aparat kejaksaan menjadi pilar bersama-sama aparat kepolisian dan aparat pengadilan dalam menegakkan hukum di wilayah kerjanya. Keberhasilan penegakan hukum akan sangat tergantung kepada kerjasama yang kuat antara tiga lembaga hukum itu, sehingga makin menambah kepercayaan masyarakat luas. Apalagi, kondisi Kab. Bogor dengan luas wilayah 40 kecamatan dan penduduk terpadat di Indonesia tersebut, memunculkan berbagai persoalan hukum yang cukup rumit.

"Kami di DPR selalu mendorong agar kejaksaan mampu mewujudkan dirinya sebagai aparat penegak hukum bersama-sama aparat kepolisian dan aparat kehakiman. Oleh karenanya, kami berharap profesionalitas dari para jaksa semakin meningkat sehingga kepercayaan masyarakat pun semakin tinggi," ujar anggota dewan yang akrab dipanggil Kang Sunman ini.

Menanggapi hal ini, Eko Bambang Budi, SH, selaku Kajari Cibinong menyampaikan penghargaannya. Ia sepakat penguatan peran akan makin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada aparat kejaksaan. Sebagai orang dalam, Eko Bambang menyebut wajah kejaksaan sudah banyak berubah.

"Sekarang kami sudah transparan. Setiap masyarakat dapat mengetahui siapa jaksa yang menangani perkara ini, dengan hanya mengklik satu tombol. Juga, semangat perubahan itu sudah ada dalam jajaran kejaksaan. Kalau ada yang belum berubah, pasti selalu disindir rekan-rekannya," papar Eko Bambang.

Dengan kekuatan 34 jaksa yang ada di jajaran Kejari Cibinong, Eko Bambang merasa yakin jajarannya mampu membantu proses penegakan hukum lebih adil untuk masyarakat Kabupaten Bogor. Ia pun mengungkapkan kerjasama yang terus dilakukan dengan jajaran Kepolisian dan Pengadilan Negeri.

"Terakhir, kami sangat senang dapat menjalin kerjasama lebih baik terkait pelaksanaan pengadilan anak di PN Cibinong. Sebab, data kami pun menunjukkan adanya tingkat kriminalitas yang cukup tinggi terkait anak, baik sebagai pelaku maupun korbannya," jelas Eko Bambang.

Baik Sunmandjaja maupun Eko Bambang Budi menyepakati akan saling berbagi informasi di masa-masa mendatang. Apalagi, tugas Sunmandjaja tak hanya di Komisi III tapi juga di Badan Legislasi (Baleg) yang juga tengah melakukan kajian mendalam terhadap revisi KUHP dan KUHAP.

Sumber: Foto: Seminar PKS Lampung

About Unknown

www.pksgorontalo.com adalah situs resmi Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Gorontalo. Web ini sebagai pusat informasi perkembangan dakwah kami sekaligus media pemersatu harapan rakyat Gorontalo. Kami akan terus bekerja dan melayani tak kenal hari dan momen demokrasi
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top