Slider[Style1]

KABILA – 17/2 Luasnya lahan tidur di Kabupaten Gorontalo memantik keprihatinan dari legislator DPRD Bone Bolango. Potensi lahan dan masih rendahnya pendapatan warga petani melengkapi keprihatinan tersebut. Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi III DPRD Bone Bolango Syamsu Botutihe usai bersua dengan warga petani di Bone Pesisir pada Senin (16/2) kemarin. Syamsu menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dapat mengalokasikan anggaran untuk pengembangan ternak jenis sapi dan unggas.

Pengembangan ternak ini dapat disalurkan melalui kelompok-kelompok petani yang umumnya belum memilik hewan ternak. Pemberian bantuan ternak dimaksud tidak secara gratis, bisa dengan sistem bergulir dibawah pengawasan Dinas Peternakan Hewan Kabupaten Bone Bolango. “Pengalaman pada periode sebelumnya lebih dari 5 ribu hasil pengembangan ternak, model seperti ini memberi peluang warga untuk meningkatkan ekonominya. Bila ini dilakukan secara berkesinambungan dengan pengawasan yang bagus, Bone Bolango bisa jadi pusat hasil peternakan di Provinsi Gorontalo bahkan bila dimungkinkan untuk wilayah Sulawesi,”kata Syamsu sambil menghitung peluang Bone Bolango menjadi daerah swasembada daging hasil peternakan.


Aleg dapil Bone Pesisir ini juga mengingatkan agar pihak pemerintah tidak hanya bersandar di APBD, namun juga melihat peluang berbagai program peternakan yang ada di Provinsi maupun APBN. Selain itu, Syamsu juga mengingatkan agar fasilitas yang bisa menopang perekonomian rakyat seperti pasar ternak harusnya telah diproyeksi oleh pemerintah. “Warga Bone Bolango umumnya membawa ternak yang dijual keluar dari Bone Bolango, padahal kalau disediakan sarana penjualan ternak di 4 pasar utama kecamatan, dengan sendirinya peternak tidak terbebani dengan biaya transportasi karena pembeli datang dengan sendirinya,” ujar Syamsu menjelaskan detail pengembangan peternakan di Kabupaten Bone Bolango.  Syamsu bahkan menjelaskan bila pengembangan peternakan ini diseriusi potensi ternak lainnya seperti kotoran ternak yang bisa jadi pupuk, penyediaan pakan ternak dan lainnya dapat dikembangkan dengan memberdayakan seluruh potensi yang ada di Bone Bolango. Dan hasil akhirnya dinikmati oleh masyarakat. (Ndra)

*Foto:Syamsu berdiskusi dengan instansi teknis pada beberapa waktu yang lalu

About Unknown

www.pksgorontalo.com adalah situs resmi Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Gorontalo. Web ini sebagai pusat informasi perkembangan dakwah kami sekaligus media pemersatu harapan rakyat Gorontalo. Kami akan terus bekerja dan melayani tak kenal hari dan momen demokrasi
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top