Slider[Style1]

Batam (11/2) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau warganya yang pergi merantau ke daerah lain untuk terlebih dahulu mengasah keterampilan yang dimiliki agar meraih kehidupan yang lebih baik. Hal ini dikatakan Heryawan ketika melakukan media visit ke Kantor Redaksi Batam Pos di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (10/2).

"Kemampuan atau keterampilan diasah, sekecil apapun, baik itu usaha industri kecil, industri kreatif, ataupun UMKM," kata pria yang akrab disapa Aher ini. Dia mencontohkan, seperti makanan khas Jawa Barat yang dapat dikembangkan menjadi usaha kuliner dan menjadi sebuah usaha besar di perantauan.

“Silakan diasah kemampuan kita, karena ternyata temanya sederhana hanya Batagor, kan bisa jadi kaya raya, bisa jadi bisnis besar. Temanya kiripik tapi bisa jadi bisnis besar. Tema-tema tersebut sudah muncul di Jawa Barat tinggal munculkan di tempat yang lain," ungkap Aher usai pertemuan kepada para awak media.

Lebih lanjut Aher pun mengungkapkan bahwa kapasitas berpikir masyarakat Jawa Barat harus diubah dan disesuaikan dengan kondisi serta potensi daerah perantauan.

“Ketika saya berkunjung ke Makasar hari minggu kemarin, di Makasar itu kata mereka tidak ada rumah makan Sunda yang tidak laku. Semuanya laku luar biasa. Tinggal persoalannya kapasitas berpikir orang-orang Jawa Barat yang ada di Makasar itu atau orang Makasar asal Jawa barat itu yang kemudian seringkali tidak menjangkau kapasitas pikirannya," ujar Aher.

Menurut Aher, hal tersebut merupakan sebuah hambatan yang harus segera diurai melalui beberapa cara, yaitu dengan memperkuat organisasi Kesundaan atau Jabar-Banten yang ada di kawasan luar Jabar-Banten, pemerintah setempat serta pemerintah daerah asal memfasilitasi baik pembinaan dan permodalam melalui perbankan.

Potensi ini, lanjut Aher, merupakan sebuah peluang bagi pengembangan ekonomi masyarakat Jawa Barat yang ada di perantauan. Aher pun mengatakan peluang ekonomi dan kerja terutama di luar Jawa Barat masih sangat terbuka. Untuk itu, pihaknya terus mendorong masyarakat Jawa Barat agar dapat bekerja ke daerah yang memerlukan skill atau keterampilan masyarakat Jabar untuk dapat berakulturasi dengan daerah atau bahkan Negara lain di dunia.

Program Jabar Mengembara ini sudah mulai digalakkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan akan terus dikembangkan. Namun, Aher mengungkapkan, program Jabar Mengembara tersebut tidak harus dilakukan bersamaan dengan program transmigrasi pemerintah pusat, karena melalui Jabar Mengembara masyarakat dapat merantau serta mendapat peluang ekonomi secara mandiri.

Dalam pertemuannya dengan jajaran Redaksi Batam Pos ini, Aher juga berdikusi seputar perkembangan dan pembangunan yang tengah dan akan dilaksanakan di Jawa Barat, seperti proyek Bandara Kertajati di Majalengka.

Selain itu, Aher turut mengapresiasi dan memaknai keberadaan media sebagai sarana untuk membantu masyarakat. Untuk itu, pada kesempatan tersebut Aher meminta kepada Batam Pos untuk senantiasa memperhatikan dan memantau perkembangan masyarakat Jawa Barat yang ada di Batam, serta meminta bantuan untuk menyosialisasikan kegiatan atau event yang akan dilaksanakan di Jawa Barat, terutama event Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Tahun 2016 yang akan digelar di Jawa Barat tanggal 9-21 Septermber 2016 mendatang.

Sumber : www.pks.or.id

About Unknown

www.pksgorontalo.com adalah situs resmi Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Gorontalo. Web ini sebagai pusat informasi perkembangan dakwah kami sekaligus media pemersatu harapan rakyat Gorontalo. Kami akan terus bekerja dan melayani tak kenal hari dan momen demokrasi
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top