Slider[Style1]


LIMBOTO - (2/3) Danau Limboto bermuara 23 anak sungai, 7 di antaranya aktif dan terdapat 2 sungai besar yakni Alopohu dan sungai Bionga. Proyek revitalisasi danau limboto cukup besar penganggarannya, sementara sebagian pekerjaan proyek tersebut  sepertinya terhenti seperti pembangunan pintu air topodu di Desa Tabumela, Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini menarik perhatian Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo mengunjungi lokasi proyek tersebut hari ini, Senin 2/3.

Menurut Eman Mangopa, aleg Komisi III dari PKS, bahwa anggaran revitalisasi danau limboto ini kurang lebih Rp 700 M. Pos anggarannya ada di Balai Sungai Wilayah II Gorontalo. Khusus pintu air topodu dianggarkan sekitar Rp 170 Miliar. “Pintu air topodu ini dibuat supaya kalau banjir datang airnya tidak meluap ke rumah warga. Juga bisa mengendalikan debit air saat musim kemarau. Nah, sekarang proyek ini tersendat, entah kenapa. Barusan kita cek ke lokasi langsung. Padahal batas akhir pekerjaan itu 28 Februari 2015. Kita segera lakukan rapat dengar pendapat hari ini juga jam 14.00, "ujar Eman ditemui usai kunjungan di Danau Limboto hari ini. Eman berharap proyek danau limboto ini tidak lagi menjadi bancakan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, mengingat pemerintah pusat sudah mempercayakan dana cukup besar dan danau juga perlu untuk direvitalisasi.

Proyek revitalisasi danau juga meliputi pembangunan pintu air, pengerukan sedimentasi danau serta pembangunan tanggul di pinggir danau. Sesuai data redaksi, luas Danau Limboto hingga 2007 tinggal sebesar 2.537 Hektar dengan kedalaman berkisar 2-2.5 Meter saja. Luas tangkapan danau tinggal 900 Km2. Hal itu berbeda dengan kondisi tahun 1932 di mana rata rata kedalaman danau mencapai 30 Meter dengan luas 7.000 hektar. Tahun 1961 rata rata kedalaman danau berkurang 10 Meter dan luas menjadi 4.250 Ha saja. (Ndra).

About Unknown

www.pksgorontalo.com adalah situs resmi Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Gorontalo. Web ini sebagai pusat informasi perkembangan dakwah kami sekaligus media pemersatu harapan rakyat Gorontalo. Kami akan terus bekerja dan melayani tak kenal hari dan momen demokrasi
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top